Kreasi Kain Flanel

Hai..

Kali ini aku pengen berbagi pengalaman pertama kali nya aku bikin kerajinan tangan dari kain flanel. Sebenernya udah dari zaman dahulu kala yaa suka penasaran sama pernak-pernik lucu yang dibuat dari flanel. Tapi entah kenapa selalu gagal buat merealisasikannya hehe.

Kerajinan tangan perdana dari flane ini aku buat hanging sleepy cloud atau gantungan/hiasan dinding berbentuk awan. Kenapa awan? Nah ini sebenernya aku ga tau juga yaa kenapa jadi suka banget sama pernak pernik berbentuk awan. Kesannya lucuuu plus menggemaskan. Mau ekspresinya lagi ngantuk, lagi melotot, lagi sedih semua gemesin 😀

Beberapa hari terakhir sering berseliweran si gambar-gambar awan ini di instagram aku. Mulai dari pajangan dinding, baju, frame foto, pokoknya banyak deh. Dan kebetulan banget dirumah ada stok flanel yang udah lama nganggur. Sayang banget yaaa kalo ga di manfaatkan. Awalnya aku pengen bikin awan warna kuning gitu, tapi stok flanel kuning sisa dikiittt, akhirnya aku pilih stok flanel yang masih cukup lebar dan jatuh lah pilihan ke flanel hitam, putih dan pink.

Untuk awannya aku pake hitam dan beberapa tetes air juga pake flanel hitam, mata mulut dan pita serta beberapa tetesan air sisanya aku pake putih dan yang pink aku jadiin blush on di pipi si awan.
Bikin hanging cloud ini ga cuma bisa dengan kain flanel kok. Kamu bisa bikin dari katun, satin, canvas tergantung selera.
Nah buat kamu yang pengen bikin hanging sleepy cloudy berikut aku lampirin tutorialnya yaa. Tutorial ala kadarnya versi aku haha..
Pertama-tama kita siapkan bahan2 berikut:

•Potong flanel hitam membentuk awan, buat sebanyak 2 lembar.

•Isi awan dengan dakron, lalu tutup sisa sisi awan dengan jahitan.
•Kemudian bentuk mata, bibir serta pita dengan flanel putih. Lalu, potong flanel pink berbentuk lingkaran kecil sebanyak 2 lembar

•Sambil nunggu lem kering, bentuk dan gunting flanel hitam serta putih membentuk tetesan air. Jahit sekelilingnya satu persatu, sisakan sedikit untuk memasukan dakron. Setelah diisi dakron tutup dengan jahitan.

Setelah semua tetesan air selesai tusuk dengan benang dan jarum dari bagian bawah (tengah) hingga ke bagian atas tetesan air. Susun sesuai selera. Lalu jahit di bagian bawah awan.

Semoga tutorial yang ala kadarnya ini bermanfaat yaa.
Selamat mencoba 😉

Dea Wulandari

2 tanggapan untuk “Kreasi Kain Flanel”

Tinggalkan komentar